10 Mei 2007

Kapal Asing Masih Langgar Batas Wilayah Sumbagut

Tanggal : 10 Mei 2007
Sumber : http://beritasore.com/2007/05/10/kapal-asing-masih-langgar-batas-wilayah-sumbagut/


Medan ( Berita ) : Kapal berbendera asing masih ditemukan melanggar batas kedaulatan wilayah RI dengan memasuki batas zona ekonomi ekslusif diperairan Sumbagut .

Komandan Pangkalan TNI AU Medan, Kol.Pnb.SB.Supriyadi, di Medan, Rabu (9/05), menyatakan hingga kini kapal nelayan berbendera asing masuk secara illegal tanpa izin dan melakukan berbagai kegiatan seperti penangkapan ikan, perompakan laut dan sebagainya.

Pelanggaran itu diketahui dari hasil patroli di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut)yang dilakukan selama 10 hari dimulai 30 April lalu.

Ia mengatakan, daerah yang rawan itu terutama di wilayah perairan di sekitar Selat Malaka dan Dumai, Riau yang memasuki wilayah Singapura.

Kendati demikian dalam setahun terakhir Indonesai telah melakukan operasi udara bersama Malaysia dan Singapura yang dikenal dengan “eyes in the sky” secara bergantian.

Kebijakan ini diambil agar ketiga negara yang tergabung dalam ASEAN ini tidak mencurigai antara satu dengan yang lainnya akibat terjadinya perompakan atau kegiatan illegal yang terjadi tengah laut yang selama ini Indonesia sering menjadi kambing hitam.

Dari kerjasama ini terjadi penurunan frekuensi kasus perompakan di laut dari 63 kasus tahun 2005 menjadi 12 kasus pada 2006 dan empat kasus pada periode Maret tahun ini, katanya.

Sementara itu dalam patroli rutin tiga bulan sekali yang dilaksanakan dalam 10 hari itu berakhir pada Kamis 10/5 dan menggunakan satu unit pesawat jenis Hawk 100, dua unit Hawk 200, satu Helikopter Sikorsky Twin Pack S.58 T dan satu unit pesawat Hercules, dengan tujuan pertahanan di Sumbagut.

Tidak ada komentar: